Saat itu, musim dingin menjelang purna. Salju yang tersisa telah menjadi beku. Pada malam, bintang-bintang terlihat gemilang, tersebar dan sumunar pada kanvas maha luas bernama langit. Pada siang, cahaya bagaskara ramah menyapa buwana dan para jalma yang berjalan di atasnya. Namun, hangat masih enggan tiba. Dingin tetap menyelinap hingga ke tulang, tanpa salam dan tegur sapa. Dan kota tua itu, masih tegak berdiri.

Kota tua itu bernama Krakow. Berada di sebuah negara Eropa Tengah bernama Polandia, eksistensi kota ini telah tercatat sejarah sejak abad pertengahan. Sebelum Warsawa menggantikannya, Krakow cukup lama menjadi ibukota sebuah wilayah yang kini di bawah Polandia. Krakow ialah juga tempat dimana komunitas Yahudi di Eropa Tengah bertumbuh, dan kemudian terbunuh oleh rezim fasis Nazi. Konon, di kota itu, pada suatu masa, makhluk legendaris bernama naga hidup dan dipelihara.

Krakow, adalah kota tua yang indah.

 

krakow old town hall

1.Krakow Old Town Hall.

wawel castle

2. Wawel Castle.

izaak synagoge

3. Izaak Syanogogue, di Krakow Jews Quarter.

DSC_0385

4. Gereja St. Peter and Paul.

DSC_0387

5. Gereja St. Andrews.

plac nowy market 1

plac nowy market

6. Pasar Plac Nowy.

st florians gate

7a. St. Florians Gate.

relief st.florians

7b. Relief St. Florians di St. Florians Gate.

florianska street

8. Jalan Florianska.

DSC_0445

9. Sungai Vistula.

papan arah di krakow

10. Papan petunjuk arah yang menarik dengan nama dan jarak ke berbagai kota di Eropa, dari Sevilla (Spanyol), Budapest (Hungaria), sampai Tbilisi (Georgia).

grafitti krakow

11. Sebagaimana di kota-kota lain, grafitti/lukisan dinding menjadi salah satu bentuk ekspresi masyarakat urban di Krakow.

wp_20150215_10_14_15_pro1

12. Musti dipahami bahwa makhluk tropis-agraris dari Kecamatan Kalasan akan selalu terkagum-kagum dengan salju, bahkan jika sudah berbentuk seperti es batu sekalipun, dan oleh sebab itu harus dibuatkan foto diri di atasnya. Terima kasih pada yang telah memoto saya. Masalahnya, saya lupa siapa tepatnya diantara teman travelling saat itu yang telah dengan baik hati melakukannya. Sesekali saya pikir, mungkin saya perlu memarahi ingatan, yang sering keterlaluan: menghapus yang seharusnya disimpan dan menyimpan yang semestinya enyah.

 

*Perjalanan dilakukan pada bulan Februari 2015
**Semua foto di atas dibuat oleh saya kecuali foto nomor 12. 
***Foto nomor 1,2,3,4,5,6,7b,8,9,10,11 dibuat memakai kamera Nikon D90.
****Foto nomor 7a dan 12 dibuat menggunakan kamera HP pada Nokia Lumia (lupa serinya).