(Februari 2015)

 

Charles Bridge adalah sebuah jembatan tua yang membelah Praha. Jembatan ini nampak megah dengan patung berbagai karakter sejumlah 30 buah yang berdiri di kanan-kiri jembatan. Mengiris sungai Vtava, Charles Bridge menghubungkan dua tempat penting di Praha, yaitu Old Town dan Prague Castle.

Jembatan ini di siang hari mempresentasikan secara gamblang bangunan dan patung gaya baroque dari abad pertengahan dengan detail yang khas. Di malam hari, lampu remang yang memantul dari sungai Vtava dengan latar belakang Prague Castle yang megah menjulang, membentuk kecantikan yang terkesan dingin namun mempesona.

Mau siang mau malam, jembatan ini sempurna secara visual. Jika ada satu hal yang mengurangi kekhusyukan tempat ini, adalah keramaian yang kadang terlalu. Sebagai tujuan utama para pelancong, hal itu pada akhirnya musti dimaklumi.

DSC_0190a

  1. Charles Bridge malam hari

DSC_0129

2. Charles Bridge dengan background Prague Castle

DSC_0179

3. Salah satu patung di pinggiran Charles Bridge

DSC_0172

4. Charles Bridge dini hari

 

Jembatan ini memang sangat indah. Namun, selalu penuh orang hingga kira-kira tengah malam. Mungkin begitulah hukum yang berlaku, bahwa pesona selalu menarik perhatian banyak orang. Alamiah saya rasa. Untuk bangunan, pesona seringkali perkara visual. Berlaku hanya untuk bangunan, tentu. Untuk manusia? Sepertinya jauh lebih kompleks. Di mata saya, setiap manusia selalu punya daya pikat dalam caranya masing-masing.

Untuk Charles Bridge? Ialah seindah-indah bangunan. .